Jalan - Jalan ke Kupang (Timor)

Tabir Keindahan
KUPANG

Belum banyak yang tahu pesona Kota Karang. 
Hal-hal memikatnya memang masih tersembunyi,
dan butuh taktik untuk menyingkap serta menikmatinya.

Warna cerah Pohon Flamboyan - Kupang

Ada yang beda bila ke Kupang di penghujung tahun. Kota di atas karang ini berubah ceria manakala pohon-pohon Flamboyan memekarkan bunganya. Warna merah menyolok dari kembang-kembang itu berpadu kontras dengan langit biru. Bila melintas di bawah pohonnya, seolah ada pesona aneh menguar.

“Sayangnya mereka tumbuh secara acak. Coba, jika ada pihak yang tanggap dengan keistimewaan ini, lalu menanam pohon Flamboyan kiri-kanan di salah satu ruas jalan khusus, semacam koridor Flamboyan. Sehingga pas musimnya berbunga,  keindahnya lebih kentara, lebih apik tertata. Itu bisa jadi festival musiman dan maskot kota ini, menjembatani wisata yang lain, momentum untuk ‘menjual’ destinasi-destinasi daerah,” kata Indri Juwono, travel blogger sekaligus arsitek yang gemar bepergian ke berbagai daerah di Indonesia.

Pantai Tablolong di waktu senja menjelang - Kupang

Suasana Dermaga Kupang, tampak pabrik Semen Kupang

“Benar. Jepang punya festival Sakura yang memancing orang untuk kesana. Tentu Kupang juga bisa. Alam sudah menyediakan, tinggal dioptimalkan. Bikin sesuatu yang otentik, yang berasal dari daerah sendiri. Ketimbang membangun monumen dari beton, mending nanam pohon, lihatnya berbunga bikin hati adem dan membantu menyaring udara, membuat sejuk Kupang,” timpal Dea Sihotang, juga seorang travel blogger.

Saya, Indri, Dea, serta sembilan travel blogger lainnya datang ke Kupang untuk melakukan trip Explore Timor, diundang oleh Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) NTT. Trip ini bertujuan untuk menyingkap tabir keindahan pulau Timor yang belum banyak diketahui publik, mengenalkannya lewat tulisan serta foto. Inisiatif Asita NTT memang jitu. Harus diakui, media sosial masa kini adalah alat yang tepat untuk mempromosikan wisata. Disitulah peran travel blogger, travel writer serta travel photographer dibutuhkan. Termasuk mengangkat hal-hal kasat mata yang sebetulnya menarik tapi luput dari perhatian, misalnya soal Kupang dengan bunga Flamboyan tadi. 

Warna-Warni Grafitti  Kota Tua Kupang

Kuburan Belanda - Kupang

KUPANG “MUST SEE”
Pantai Tablolong adalah tempat elok pertama yang kami datangi usai check-in hotel. Pasirnya yang putih bersih, laut biru yang teduh tenang, dipuncaki momen matahari terbenam, adalah prolog yang baik bagi permulaan perjalanan kami. Saya sebetulnya sudah sering ke Kupang, tapi nama Pantai Tablolong ini baru terngiang kali ini. Disini saya menyadari bahwa seberapa sering kita pergi ke sebuah daerah, jika hanya berkutat di obyek yang itu-itu saja, jelas  bukan jaminan seberapa banyak yang bisa kita ketahui.

Bukan hanya soal seberapa sering kita mengeksplor, namun juga soal seberapa lihai kita memperhitungkan waktu yang tepat. Oleh karena itu, sepatutnya kita tahu kapan waktu terbaik mengunjungi sebuah destinasi. Contohnya, kunjungan kami ke Gua Kristal. Kami harus melakukannya dua kali, lantaran kunjungan pertama sebelumnya  kami tiba sore hari, dimana cahaya matahari telah berkurang, membuat gua berair biru itu tidak secemerlang seperti seharusnya. Waktu terbaik ke Gua Kristal memang musti tengah hari, antara jam 11 sampai jam 14 siang. Menceburkan diri ke dalam airnya yang diterangi oleh sinar alami adalah sensasi istimewa.

Air Terjun Oanesu - Kupang

Gua Kristal - Kupang

Demikianpun bila mendatangi Air Terjun Oenesu. Perluh mengatur timing yang tepat. Ketika saya menunjukkan foto air terjun ini yang tampak berkelimpahan air serta rimbun menghijau, ada teman yang bingung, sebab katanya saat dia berkunjung kesana debit airnya sedikit, pepohonan meranggas. Saya jelaskan, Air Terjun Oenesu itu bagusnya didatangi musim penghujan, antara Februari hingga Mei. Berkunjunglah pagi-pagi sekali saat sinar matahari tidak terlalu kuat, sehingga aura mistisnya tampak. Hindari pula datang saat hari libur atau akhir pekan, sebab akan ada banyak orang disana. Selain merusak kesan sunyi, kunjungan yang ramai juga membawa banyak sampah plastik. 

Saya selalu memegang pedoman ini: ‘Every place has its special moment. Setiap tempat punya momen istimewanya sendiri-sendiri’. Jadi, jika kecewa pada sebuah lokasi yang tidak sesuai ekspetasi, jangan serta merta menyalahkan tempatnya, siapa tahu kitalah yang salah karena tak pandai memahami momen istimewa tempat itu.

SEMAU NAN MEMUKAU
Kebahagiaan lain dalam trip Explore Timor saya rasakan manakala diberi kesempatan menjenguk Pulau Semau. Bagi saya perjalanan menyambangi pulau seluas 143 km2 ini sungguh sebuah petualangan funki; menyenangkan tapi dalam konsepsi yang ganjil. 

Pantai Onanbalu - Pulau Semau

Pantai Otan - Pulau Semau

Dermaga Pulau Semau
Berangkat dari pelabuhan Tenau di pagi berlaut teduh, kami menyeberang dengan kapal kayu kecil selama 30 menit menuju Onan Batu, kuala  berair kehijauan yang menjadi pelabuhan Pulau Semau. Kami membawaserta sepeda motor dari Kupang lantaran transportasi darat di pulau bernama asli Nusa Bungtilu ini belum memadai, begitupun kondisi jalannya. Iring-iringan sepeda motor kami melindas jalan berbatu di bawah terik Surya sembari ditatapi dengan pandangan aneh oleh penduduk setempat.

Incaran kami adalah pantai-pantai molek di pesisir barat, dan demi itu kami butuh sedikit perjuangan melawan kejemuhan akibat suhu panas serta jarak yang agak jauh. Namun ganjarannya adalah pertemuan dengan satu per satu pantai berpasir putih dengan komposisi maupun gradasi warna laut yang seduktif.  Pantai Otan, Pantai Onanbalu, Pantai Uimake, dan Pantai Uitiuhtuan sambung menyambung memunculkan decak kagum. 

Sunset Bukit Liman - Pulau Semau
Menjelang senja, kami tiba di Bukit Liman yang tak cuma diapit dua pantai amat panjang dan lapang, namun juga menghidangkan panorama kelas wahid. Ini bisa jadi tempat yang paling menawan dalam wilayah Kupang-Semau yang saya jumpai. Rupa bukit yang semata ditutupi rumput tipis, memudahkan kami menjangkau puncaknya dengan sepeda motor. Sulit menguraikan keindahan yang saya temukan di atas Bukit Liman ini. Dua pantai yang mengapitnya memiliki lebar serta panjang pasir putih yang menghipnotis. Saat bola bulat matahari hilang pelan di ujung kaki langit dalam balutan warna merah angkasa, sesuatu yang intoxicate seakan menyusupi indra penglihatan saya.

“Sebagian tabir keindahan telah tersingkap. Kupang hingga Semau tiada bedanya kembang Flamboyan liar. Memesona, namun menanti hati yang tergerak menata dan mendayaupayakan potensinya, ” kata Dea saat kami pelan beranjak meninggalkan Bukit Liman.

Ayo, ketong beking Kupang bagus,kaka!

15 komentar:

Baktiar77 mengatakan...

Masih pengen nulis Kupang biar blog ada rasanya tempat tinggal sendiri tapi masih bingung nulis di mananya hehehe...

Kucing Laut mengatakan...

Fotonya bagus-bagus!

Sebandung mengatakan...

om yang satu ini, foto-fotonya selalu indah...
tulisannya apa lagi.
The Keren Traveler deh

Watch Movie HD mengatakan...

Amazing banget view nya, serasa bukan di Indonesia hahaha

Anonim mengatakan...

Sering ke Kupang tapi belum sempat ke pulau Semau dan ke tempat graffiti dan kuburan Belanda.

Ali Muhyie mengatakan...

nice artikel kak, semoga bermanfaat Lanjutkan

Ali Muhyie mengatakan...

nice artikel kak

Lanjutkan

Unknown mengatakan...

mantab sekali jalan2nya


CV Tugu

Anonim mengatakan...

Does your site have a contact page? I'm having a tough time
locating it but, I'd like to send you an e-mail. I've got some suggestions for your blog you might be interested
in hearing. Either way, great website and I look forward to seeing it grow over
time.

Anonim mengatakan...

Greetings from Idaho! I'm bored to death at work so I decided to check out your
website on my iphone during lunch break. I love the information you
present here and can't wait to take a look when I get home.
I'm shocked at how quick your blog loaded on my cell phone ..
I'm not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, wonderful blog!

Anonim mengatakan...

Your style is very unique in comparison to other people I've read stuff from.

Thank you for posting when you've got the opportunity, Guess I
will just bookmark this site.

Anonim mengatakan...

Love indonesia (y)

Anonim mengatakan...

Love indonesia (y)

Anonim mengatakan...

Keren bro

Anonim mengatakan...

Keren bro

Jalan-Jalan ke Nagekeo (Part 1)

Hawa Legawa  Kawa   MERESAPI KEBERSAHAJAAN HIDUP  SEBUAH KAMPUNG TRADISIONAL  DI PUNDAK GUNUNG AMEGELU, NAGEKEO-FLORES P ...